You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness
Penulis: Fellexandro Ruby
Tahun Terbit: 1 Desember 2020
Genre: Self Help, Non-fiksi

Sinopsis

Saya merasakan pengalaman yang sama seperti yang diungkapkan dalam buku ini. Dalam sepuluh tahun pertama perjalanan karier saya, saya menjalani sembilan macam peran yang berbeda sebelum akhirnya menemukan ikigai saya. Sales, petugas lelang, operator alat berat, travel blogger, food photographer, penyanyi, social media manager, product manager di sebuah tech startup, hingga menjadi pengusaha, semuanya telah saya coba.

Buku ini memberikan wawasan bahwa hidup (karier, bisnis, hubungan, dan keuangan) seharusnya merupakan perpanjangan dari siapa diri kita. Meskipun buku ini tidak memberikan jawaban langsung, namun ia membantu merefleksikan diri, melihat ke dalam, dan memahami situasi, sehingga kita bisa menemukan jawaban sendiri ketika berhadapan dengan persimpangan.

Review

Buku ini sungguh luar biasa! Saya bahkan akan ‘memaksa’ seseorang untuk membacanya agar saya memiliki teman untuk berdiskusi dan belajar lebih lanjut tentang topik keuangan dan karir. Kelebihan buku ini adalah bahasanya yang mengalir dan enak dibaca, seakan sedang berbincang dengan teman atau pendengar radio. Ruby juga sangat berpengetahuan, terbukti dari referensi yang ia gunakan dalam buku ini.

Namun, ada beberapa kekurangan yang saya rasakan. Beberapa topik masih belum dijelaskan dengan cukup mendalam. Setelah menyelesaikan buku ini, saya membuat banyak catatan mental untuk membaca lebih lanjut tentang beberapa aspek yang hanya dibahas secara dangkal.

Berikut adalah kutipan-kutipan dari buku ini yang saya temukan sangat bagus:

“Semakin kita memahami diri, semakin mudah kita menjawab pertanyaan-pertanyaan hidup.”
“Tanpa kesadaran diri, kita tidak bisa mengambil perspektif orang lain, mengendalikan diri, menghasilkan prestasi kreatif, atau merasakan kebanggaan dan harga diri.”
“Langkah pertama untuk menjadi cerdas secara emosional adalah menjadi sadar diri sebanyak mungkin.”
“Sukses adalah ketika Anda mencintai diri sendiri, menyukai apa yang Anda lakukan, dan menyukai cara Anda melakukannya.” – Maya Angelou
“Membaca tanpa merenungkan adalah seperti makan tanpa mencerna.” – M. Hatta
“Kita belajar tentang siapa diri kita dalam praktik, bukan dalam teori.” – David Epstein

Ruby juga mengangkat sembilan nilai pribadi dari psikolog William Moulston Marston yang menurut saya sangat penting untuk dipahami, termasuk nilai estetika, ekonomi, individualistik, politik, altruis, peraturan, dan teoretis.

Selain itu, buku ini juga berbicara tentang pentingnya mengenali diri sendiri dan bagaimana usia 30-an adalah masa di mana kita mulai melihat hasil dari upaya yang telah kita lakukan. Penolakan dalam hidup seharusnya dijadikan arah kita untuk tumbuh dan berkembang.

Ruby juga menekankan pentingnya mencintai diri sendiri dan menerima pengalaman-pengalaman yang membentuk diri kita. Setiap orang punya jatah untuk gagal, tapi yang terpenting adalah menjadi pembelajar aktif dan terus mengeksplorasi potensi kita.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang baru lulus dan membutuhkan motivasi dalam menemukan passion dan pekerjaan pertama, juga bagi mereka yang perlu dorongan untuk mengambil risiko dalam hidup. Selain itu, buku ini memberikan wawasan baru tentang kekayaan bersih dan pentingnya menghubungkan diri dengan orang lain.

Saya sangat menyukai diksi santai dan menyenangkan dalam buku ini, seolah sedang berbincang dengan teman. Namun, bagi pembaca yang sudah pernah membaca banyak buku self-help populer, buku ini mungkin tidak memberikan banyak wawasan baru. Meski begitu, bagi saya, buku ini mengingatkan dan menguatkan bahwa saya harus menjadi versi terbaik dari diri sendiri dan tak ada yang bisa menghentikan saya.

Selain membaca buku ini, saya juga menemukan podcast yang dijalankan oleh Ruby sangat menarik dan berguna, karena melalui podcast ini, saya bisa mendengarkan nilai-nilai dan pengalaman hidup orang lain.

Kesimpulannya, “You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness” adalah buku yang sangat inspiratif dan membantu dalam merenungi diri sendiri. Saya sangat merekomendasikan membacanya. Anda juga dapat membaca buku ini dalam format eBook, pdf, secara online di FilspektiF.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published