Yang Mengenal Dirinya Yang Mengenal Tuhannya: Aforisme-aforisme Sufistik Jalaluddin Rumi

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Yang Mengenal Dirinya Yang Mengenal Tuhannya: Aforisme-aforisme Sufistik Jalaluddin Rumi
Penulis: Jalaluddin Rumi
Tahun Terbit: 1 Januari 1250
Genre: Filsafat, Islam, Agama

Sinopsis

Dalam dunia Islam, keyakinan bahwa Tuhan adalah entitas yang sepenuhnya transenden dari ciptaan-Nya mendalam akarannya. Ajaran ini juga dipahami oleh para sufi dengan sepenuh hati. Namun, paradoksnya adalah manusia, dalam segala keterbatasan dan kehidupan sehari-harinya, hanya dapat mengenal Tuhan melalui ciptaan-Nya. Oleh karena itu, para sufi percaya bahwa salah satu cara paling dekat dan paling bermakna untuk memahami Tuhan adalah dengan memahami diri mereka sendiri. Inilah mengapa Rasulullah pernah bersabda, “Barangsiapa mengenal dirinya, maka dia mengenal Tuhannya.” Dalam buku ini, Jalaluddin Rumi, seorang penyair terkenal dengan karya-karya sufistiknya yang mendalam, menggubah kata-kata mutiara yang memancarkan kebijaksanaan dan keindahan. Karya ini, yang dikenal sebagai “Fihi ma Fihi” dalam bahasa Arab, dianggap sebagai inti dari aforisme-aforisme tasawuf.

Review

Buku ini menghadirkan aforisme-aforisme sufistik dari Jalaluddin Rumi dengan gaya bahasa sehari-hari yang dapat diakses oleh berbagai kalangan, baik pria maupun wanita dari kelas menengah. Buku ini tidak terjebak dalam permainan kata yang canggih atau terminologi kompleks, sehingga dapat dinikmati oleh pembaca dengan berbagai latar belakang.

Salah satu aspek positif buku ini adalah kesederhanaannya dalam menyampaikan konsep-konsep tasawuf yang dalam. Ajaran-ajaran spiritual disampaikan melalui contoh-contoh dan cerita-cerita yang bermakna, serta komentar yang membantu pembaca memahami inti pesan Rumi. Buku ini juga menampilkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits mulia yang memberikan landasan kuat bagi ajaran-ajaran ini.

Namun, terjemahan buku ini cenderung sangat literal. Ini dapat membantu pembaca yang mencari pemahaman akademis yang mendalam, tetapi bagi beberapa pembaca, terjemahan yang lebih puitis mungkin lebih diinginkan untuk menghargai keindahan kata-kata Rumi.

Buku ini menawarkan pemahaman yang mendalam tentang tasawuf dan ajaran-ajaran spiritual Jalaluddin Rumi. Baca “Yang Mengenal Dirinya Yang Mengenal Tuhannya: Aforisme-aforisme Sufistik Jalaluddin Rumi” dalam format ebook atau PDF secara online dan gratis hanya di FilspektiF untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang filsafat dan kebijaksanaan sufi.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published