Yang Jauh Tersembunyi: Fisika Kuantum dan Teori Banyak-Dunia

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Yang Jauh Tersembunyi: Fisika Kuantum dan Teori Banyak-Dunia
Penulis: Sean Carroll
Tahun Terbit: 10 September 2019
Genre: Sains, Non-fiksi, Fisika

Sinopsis

Terdapat banyak dunia di luar sana. Fisika menjelaskan dunia melalui temuan dan teori yang terus berkembang. Fisika kuantum mengeksplorasi aspek yang kompleks seperti dualitas zarah-gelombang dan ketidakpastian. Teori Banyak-Dunia menyatakan bahwa segala kemungkinan terjadi dalam dunia kuantum yang tak terhitung jumlahnya. Ini berbeda dari Tafsir Kopenhagen yang lebih umum. Dalam buku ini, Sean Carroll menjelaskan fisika kuantum dan memperkenalkan Teori Banyak-Dunia dengan pendekatan yang jelas dan dapat dimengerti.

Review

Fisika merupakan kunci untuk memahami keberadaan dunia yang melingkungi kita. Melalui penemuan dan teori-teori baru, ilmu fisika terus mengembangkan pemahaman kita dan mengubah pandangan kita terhadap dunia. Namun, di antara semua aspek kompleksnya, fisika kuantum muncul sebagai sumber teka-teki yang menggoda imajinasi kita. Konsep dualitas partikel-gelombang dan prinsip ketidakpastian membawa kita dari dunia klasik yang pasti menjadi dunia kuantum yang penuh dengan ketidakpastian, di mana semua yang kita ketahui bersifat kebetulan.

Namun, kisah fisika kuantum belum berakhir di sini. Teori Banyak-Dunia mengemuka sebagai interpretasi alternatif yang berusaha mengembalikan kepastian dan kejelasan ke dalam lingkup fisika kuantum. Dalam buku “Yang Jauh Tersembunyi,” fisikawan teoretis Sean Carroll berusaha membongkar misteri fisika kuantum tanpa menjadikannya sebagai sesuatu yang misterius atau sulit dijangkau. Lebih dari itu, ia menjelaskan bagaimana pergeseran paradigma dalam fisika kuantum telah mempengaruhi cara kita memandang alam semesta dan konsep kepastian.

Meninjau buku ini secara lebih mendalam, kita menyadari bahwa fisika kuantum bukanlah domain yang hanya terbatas bagi mereka yang mempelajari program International Baccalaureate dengan tingkat yang tinggi. Bahkan, bagi pembaca yang belum terbiasa dengan konsep ini, buku ini membuka pintu untuk pemahaman yang lebih dalam. Misalnya, jika kita merenungkan atom hidrogen – yang terdiri dari satu proton dan satu elektron – dalam konteks fisika klasik, kita akan menemui kontradiksi: partikel elektron yang mengorbit akan akhirnya jatuh ke dalam proton nukleus setelah beberapa triliun detik.

Carroll juga membahas tentang Teori Banyak-Dunia yang mengusulkan bahwa ada banyak dunia paralel yang ada, meskipun tak ada yang benar-benar tahu jumlah pastinya. Penulis ini berpendapat bahwa jumlah dunia tersebut bisa sangat besar bahkan tak terhingga. Ini menggugah rasa ingin tahu kita tentang bagaimana realitas sebenarnya beroperasi. Sebuah dorongan untuk memahami topik ini lebih dalam mungkin akan mendorong kita untuk memahami buku-buku fisika dan matematika yang lebih mendalam, seperti yang diulas dalam bagian buku ini.

Sementara bagian sebelumnya mengajak kita merenung tentang konsep yang kompleks, bagian akhir buku ini menyoroti tantangan dalam menghadapi interpretasi mekanika kuantum yang bukan dari sudut partikel, melainkan sudut pandang relativistik yang lebih luas. Namun, suara yang ingin diungkapkan adalah bahwa buku ini bisa menjadi pemicu minat kita dalam menjelajahi lebih lanjut. Sebuah ajakan untuk memperluas pemahaman kita mengenai interpretasi mekanika kuantum non-Everett, dan bagaimana berbagai interpretasi ini perlu berurusan dengan aspek-aspek seperti non-lokalitas.

Bagian lain dari buku ini menyentuh korelasi budaya populer dengan teori ini. Film dan serial TV sering kali mengeksplorasi konsep dunia paralel, seperti yang diilhami oleh Teori Banyak-Dunia, meskipun seringkali dengan sentuhan dramatis yang berlebihan. Buku ini mengingatkan kita untuk tetap berpegang pada fakta dan menyelami realitas dalam diskusi mekanika kuantum.

Akhirnya, Sean Carroll mengeksplorasi berbagai interpretasi tentang mekanika kuantum dan menggarisbawahi bahwa fisika kuantum bukanlah sekadar pemahaman epistemologis, melainkan mencerminkan realitas ontologis. Dalam perjalanan membaca buku ini, kita diajak untuk merenung tentang konsep-konsep yang kompleks dan berpotensi mengubah pandangan kita terhadap alam semesta. Kesimpulannya, “Tersembunyi dalam Kedalaman” adalah buku yang menggugah minat, mendidik, dan membuka cakrawala baru dalam memahami fisika kuantum dan dunia yang kompleks di dalamnya.

Anda dapat membaca buku “Yang Jauh Tersembunyi” dalam format ebook, pdf, secara online dan gratis karya Sean Carroll ini di FilspektiF. Dalam buku ini, Anda akan menemukan jendela baru menuju alam semesta yang luar biasa, di mana realitas sering kali lebih aneh daripada yang kita bayangkan. Carroll telah berhasil membuat topik yang kompleks menjadi lebih terjangkau dan mendebarkan, memungkinkan kita semua untuk menjelajahi keajaiban fisika kuantum tanpa merasa terintimidasi.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published