Why We Sleep: Unlocking the Power of Sleep and Dreams

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Why We Sleep: Unlocking the Power of Sleep and Dreams
Penulis: Matthew Walker
Tahun Terbit: 28 September 2017
Genre: Non-fiksi, Sains, Kesehatan

Sinopsis

“Why We Sleep: Unlocking the Power of Sleep and Dreams” adalah buku karya Matthew Walker, seorang ahli saraf dan pakar tidur, yang menyajikan eksplorasi revolusioner tentang tidur dan pengaruhnya terhadap setiap aspek kesehatan fisik dan mental kita. Buku ini juga memberikan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan kualitas tidur malam kita.

Review

Buku ini membahas pentingnya tidur dengan sangat kuat. Penulis menekankan bahwa kita membutuhkan 8 jam tidur setiap malam dan tidak dapat menggantikan tidur yang hilang di masa lalu. Konsekuensinya bisa sangat menyedihkan, terutama jika kurang tidur menjadi kronis. Hal ini bisa menimbulkan risiko serius bagi kesehatan kita, dan kenyataan ini cukup menakutkan.

Salah satu fakta menarik yang diungkapkan dalam buku ini adalah dampak negara-negara yang menghentikan tidur siang. Mereka ternyata mengalami peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 37 persen dibandingkan dengan mereka yang mempertahankan tradisi tidur siang. Fakta ini menggugah kesadaran kita akan pentingnya tidur yang memadai.

Saya secara pribadi sangat terkesan dengan isi buku ini dan percaya bahwa setiap orang seharusnya membacanya. Sebelumnya, saya tidak menyadari betapa pentingnya tidur bagi kesehatan dan kualitas hidup kita. Buku ini telah membuka mata saya dan membuat saya lebih sadar akan pentingnya tidur yang cukup dan berkualitas.

Matthew Walker membahas topik tidur dengan detail yang luar biasa. Buku ini membuat saya terpaku dan merenung tentang kebiasaan tidur saya. Pernyataan dalam buku ini, seperti mengenai mengemudi dengan kurang tidur lebih berbahaya daripada mengemudi dalam keadaan mabuk, sangat mengguncang saya. Buku ini menyajikan fakta ilmiah yang mendalam, dan saya merasa kagum dengan penjelasannya yang mudah dipahami.

Buku ini juga menyoroti masalah sosial yang terkait dengan kurangnya tidur, seperti tuntutan masyarakat modern yang membuat anak-anak dan remaja terlalu tidur pagi untuk sekolah. Saya setuju bahwa model masyarakat yang lebih progresif dapat membantu mengatasi masalah ini dan memberikan manfaat sosial dan jaminan sosial yang lebih baik bagi warganya.

Salah satu hal yang saya sukai dari buku ini adalah panduan praktis untuk meningkatkan kualitas tidur. Misalnya, saran untuk mengganti lampu LED di kamar tidur kita yang dapat mengganggu tidur karena memancarkan cahaya biru. Juga, pengaturan suhu kamar tidur menjadi 65 derajat dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk tidur nyenyak.

Namun, satu kritik saya terhadap buku ini adalah panjangnya yang berlebihan. Terkadang, penulis cenderung berulang-ulang dalam penjelasannya, sehingga membuat pembaca merasa kelelahan saat membacanya.

Pelajaran terbesar yang saya dapatkan dari buku ini adalah pentingnya menghindari penggunaan obat tidur jika memungkinkan, dan jika kita mengalami masalah tidur yang parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tidur untuk mendapatkan bantuan yang tepat.

Secara keseluruhan, “Why We Sleep: Unlocking the Power of Sleep and Dreams” adalah buku yang ditulis dengan sangat baik dan didukung oleh penelitian yang kuat. Penjelasannya mudah diakses dan sangat informatif. Meskipun ada beberapa kelebihan panjang, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya tidur bagi kesehatan dan kebahagiaan kita. Saya merekomendasikan buku ini kepada semua orang yang ingin memahami lebih dalam tentang tidur dan manfaatnya bagi kehidupan kita.

Dan jangan lupa, Anda dapat membaca buku “Why We Sleep: Unlocking the Power of Sleep and Dreams” karya Matthew Walker dalam format ebook, pdf, secara online dan gratis hanya di FilspektiF. Baca buku ini untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang tidur dan betapa pentingnya tidur bagi kesehatan dan kebahagiaan kita.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published