Tuhan Ada di Hatimu

Judul: Tuhan Ada di Hatimu
Penulis: Husein Ja’far Al Hadar
Tahun Terbit: 1 Juli 2020
Genre: Islam, Non-fiksi, Agama

Review

“Tuhan Ada di Hatimu” karya Husein Ja’far Al Hadar adalah sebuah buku yang mengajak pembaca untuk memahami Islam dengan perspektif yang moderat dan substansial. Dengan gaya penulisan yang ringan dan menyenangkan, Habib Husein membawa pembaca berjalan melalui pemahaman tentang Islam yang inklusif, menghormati perbedaan pandangan antara para imam besar, tanpa mengabaikan pentingnya peristiwa berdarah yang memecah belah umat Islam menjadi Sunni dan Syiah di masa lalu. Meskipun buku ini menyoroti tema-tema agama, Habib Husein berhasil menyampaikannya tanpa menakutkan pembaca dengan hukum dosa dan pahala yang kaku.

Salah satu hal yang menarik dari buku ini adalah betapa pentingnya untuk mengenal Tuhan melalui pemikiran dan pengamatan atas ciptaan-Nya. Habib Husein mengajak pembaca untuk merenungkan kebesaran Tuhan melalui alam semesta yang diciptakan-Nya. Dalam buku ini, Habib Husein juga menyampaikan pesan universal bahwa setiap orang, terlepas dari agamanya, adalah saudara dalam kemanusiaan.

Buku ini berisi kumpulan esai dan tulisan yang menggugah, terutama bagi mereka yang sedang mencari pemahaman lebih dalam tentang Islam. Habib Husein mencatat bahwa beliau berdakwah dengan cara yang unik, tidak hanya memegang teguh Al-Qur’an dan hadits, tetapi juga menggunakan metode seperti komik dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dianggap aneh dan tidak relevan oleh beberapa kalangan. Hal ini menunjukkan kesediaannya untuk membuka dialog dan berdiskusi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.

Sebagai pembaca yang belum alim, saya merasa buku ini memberikan perspektif yang berbeda dari buku-buku Islam lainnya di Indonesia. Buku ini tidak menggiring pembaca untuk menerima begitu saja apa yang dikatakan para ulama dan pendeta, melainkan mendorong untuk berpikir kritis dan mencari pemahaman yang lebih mendalam.

Buku “Tuhan Ada di Hatimu” juga memiliki relevansi dengan kondisi sosial budaya masyarakat. Dengan menyajikan contoh pengalaman umat Islam sebagai minoritas di berbagai budaya dan mengatasi keraguan tentang ajaran Islam, Habib Husein berhasil memberikan penjelasan yang masuk akal dan dapat diterima oleh pembaca dari berbagai latar belakang.

Melalui buku ini, kecintaan saya kepada Allah dan Islam mulai tumbuh kembali setelah sempat merasa ragu tentang agama ini. Buku ini memberikan sudut pandang yang positif tentang Islam dan membantu saya memahami bahwa Islam bisa dihayati dengan cara yang moderat dan inklusif.

Kesimpulannya, “Tuhan Ada di Hatimu” adalah sebuah karya berharga yang membawa pemahaman tentang Islam yang menginspirasi dan mengajak pembaca untuk merenungkan hubungan mereka dengan Tuhan dan sesama manusia. Buku ini cocok menjadi referensi utama buku PAI di sekolah-sekolah untuk mengenalkan Islam yang inklusif dan mencerahkan kepada generasi muda. Semoga buku ini terus menyebarkan pesan-pesan positif dan toleransi dalam mengamalkan agama.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published