The Psychology of Money

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: The Psychology of Money
Penulis: Morgan Housel
Tahun Terbit: 1 Januari 2020
Genre: Keuangan, Non-fiksi, Psikologi

Sinopsis

Dalam buku “The Psychology of Money” karya Morgan Housel, penulis membahas mengenai perilaku manusia terkait uang, investasi, keuangan pribadi, dan keputusan bisnis. Berbeda dengan cara pengajaran yang seringkali berbasis matematika dengan data dan rumus, Housel menyoroti bahwa keputusan finansial sebenarnya diambil dalam konteks kehidupan sehari-hari. Sejarah pribadi, pandangan unik tentang dunia, ego, kebanggaan, pemasaran, dan insentif aneh berperan penting dalam membentuk bagaimana seseorang mengelola uang mereka.

Review

Buku “The Psychology of Money” karya Morgan Housel telah menarik minat saya sebagai pembaca, terutama karena saran dari teman lama saya, yang melihat kecerobohan saya dalam mengelola keuangan. Sejak Mei, buku ini menjadi buku ke-13 yang telah saya baca, dan membantu saya menemukan kembali minat saya dalam membaca, tidak hanya dalam genre keuangan tetapi juga Sastra Filsafat Non Fiksi.

Buku ini bukanlah panduan instan untuk menjadi kaya, tetapi lebih sebagai sumber wawasan tentang keputusan keuangan yang tepat untuk mencapai akumulasi tabungan yang baik dalam jangka waktu yang wajar. Saya percaya bahwa buku ini akan menjadi populer di tahun-tahun mendatang dan dapat sejajar dengan buku-buku terkenal seperti “Rich Dad Poor Dad”. Morgan Housel menulis dengan gaya yang sangat baik dan mengartikulasikan gagasannya dengan jelas. Buku ini patut dibaca oleh semua orang yang ingin lebih bijaksana dalam mengelola uang mereka.

Salah satu hal yang menarik dari buku ini adalah pendekatan Housel dalam melihat keuangan melalui lensa perilaku manusia. Beberapa kutipan dari buku ini mengesankan saya secara khusus: “Keterampilan keuangan yang paling sulit adalah membuat tiang gawang berhenti bergerak.” Housel juga menekankan betapa pentingnya mengelola uang kita dengan cara yang memungkinkan kita tidur nyenyak di malam hari.

Selain itu, Housel menyoroti pentingnya waktu dalam berinvestasi sebagai kekuatan yang paling kuat. Dia juga menunjukkan bahwa keberhasilan finansial lebih tentang perilaku daripada kecerdasan belaka. Bagi saya, buku ini menjadi konfirmasi bahwa kekayaan sejati bukan hanya tentang jumlah uang di rekening bank kita, tetapi juga tentang kebebasan untuk mengendalikan waktu kita.

Buku ini juga menekankan bahwa tidak perlu memenangkan setiap kali dalam mengambil keputusan finansial. Sebaliknya, hanya beberapa kemenangan besar yang diperlukan untuk meraih kesuksesan. Housel juga menyarankan untuk menentukan tujuan investasi secara jelas agar dapat memandu langkah-langkah finansial kita.

Buku ini memberikan perspektif yang sangat berbeda tentang uang dan bagaimana perilaku kita dapat mempengaruhi keputusan keuangan kita. Dalam dunia yang kompleks ini, menggali sisi psikologis dalam hubungan dengan uang merupakan langkah bijaksana dalam menghadapi tantangan keuangan.

Referensi tambahan yang disajikan oleh penulis, seperti artikel berjudul “Inner vs Outer Scorecard” juga memberikan sudut pandang yang menarik tentang aspek psikologis dalam mengelola keuangan.

Secara keseluruhan, buku “The Psychology of Money” adalah bacaan yang sangat bermanfaat dan mendalam untuk siapa saja yang ingin memahami lebih dalam tentang hubungan manusia dengan uang dan bagaimana mengambil keputusan keuangan yang bijaksana. Dengan pendekatan yang berfokus pada perilaku manusia, buku ini memberikan perspektif yang berbeda dan berharga dalam memahami dinamika keuangan pribadi dan investasi. Saya sangat merekomendasikan buku ini kepada semua orang, terutama bagi mereka yang ingin meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana mengelola keuangan dengan bijaksana. Jika Anda tertarik untuk membaca buku “The Psychology of Money” karya Morgan Housel dalam format ebook atau PDF secara online dan gratis, Anda dapat menemukannya di FilspektiF.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published