Start With Why: Cara Pemimpin Besar Menginspirasi Orang untuk Bertindak

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Start With Why: Cara Pemimpin Besar Menginspirasi Orang untuk Bertindak
Penulis: Simon Sinek
Tahun Terbit: 29 Oktober 2009
Genre: Bisnis, Kepemimpinan, Non-fiksi

Sinopsis

Pertanyaan mendasar adalah, mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan? Mengapa beberapa individu dan organisasi mampu menciptakan inovasi, memiliki dampak besar, serta meraih keuntungan lebih besar dari yang lainnya? Mengapa beberapa entitas mendapatkan loyalitas yang tak tergoyahkan dari pelanggan dan karyawan? Jawabannya melibatkan kemampuan alami mereka untuk memulai dengan pertanyaan “mengapa.” Inilah yang memberi mereka kemampuan untuk mengilhami dan mencapai hal-hal luar biasa. Melalui penelitian tentang para pemimpin paling berpengaruh di dunia, Simon Sinek menemukan bahwa mereka semua menerapkan pendekatan yang serupa dalam berpikir, bertindak, dan berkomunikasi. Ia menyebut konsep ini sebagai Lingkaran Emas, yang memberikan kerangka kerja bagi pembangunan organisasi, memimpin gerakan, serta menginspirasi individu.

Semuanya bermula dari pertanyaan “mengapa.” Setiap organisasi mampu menjelaskan “apa” yang mereka lakukan, beberapa juga mampu menjelaskan “bagaimana” mereka melakukannya, tetapi sedikit yang mampu menjelaskan “mengapa” mereka melakukannya dengan jelas. Pertanyaan “mengapa” menjadi kunci utama mengapa pelanggan memilih satu perusahaan daripada yang lainnya. Pertanyaan yang sama juga menjelaskan mengapa beberapa pemimpin memperoleh kesetiaan yang kuat, sementara yang lainnya tidak. Konsep ini berlaku di berbagai skenario, mulai dari bisnis besar hingga usaha kecil, dunia nirlaba, hingga ranah politik. Mereka yang memulai dengan “mengapa” tidak pernah memanipulasi, melainkan menginspirasi. Mereka yang mengikuti bukan karena kewajiban, melainkan karena hasrat. Dengan menggunakan contoh nyata, Sinek merangkai visi jelas tentang unsur-unsur penting kepemimpinan dan inspirasi.

Review

Buku ini jatuh dalam genre non-fiksi dan self-help. Rekomendasi buku ini diberikan oleh teman baik saya. Dalam diskusi, dia memperkenalkan buku ini sebagai bacaan yang sangat berharga bagi individu yang tertarik pada dunia bisnis. Meskipun judul “Mulai dengan Mengapa” nampak mencakup isinya, penulis merasa bahwa buku ini menyimpan makna yang lebih mendalam.

Buku ini membahas dengan mendalam analisis tentang keberhasilan bisnis, dengan menghubungkan “Mengapa” sebagai kunci utama, yaitu keyakinan, visi, dan tujuan. Dalam gaya menggambarkan, penulis merujuk buku ini sebagai sesuatu yang lebih cocok menjadi artikel panjang ketimbang sebuah buku. Poin utama buku ini adalah bahwa perusahaan sukses mampu dengan jelas mengartikulasikan alasan di balik keberadaan mereka, selain dari tujuan finansial semata.

Meski buku ini diterbitkan pada tahun 2009, pesan intinya tetap relevan. Intinya adalah bahwa kesuksesan dalam aspek personal, profesional, dan organisasi ditentukan oleh fokus pada “mengapa” dalam setiap detailnya, bukan hanya pada “apa” yang dilakukan atau “bagaimana” melakukannya.

Namun, buku ini tidak hanya membahas solusi, tetapi juga mengidentifikasi masalah dalam dunia bisnis. Banyak karyawan yang menderita ketika segalanya tidak berjalan lancar, sementara manajemen cenderung merasa puas. Pemahaman mengenai alasan di balik tindakan (kesepakatan) yang dilakukan memiliki peran sentral dalam menciptakan karya yang luar biasa.

Sementara ada penekanan pada pentingnya “mengapa,” ini juga mengungkapkan bahwa penulis dan penerbitnya mungkin tidak berhasil mengomunikasikan inti pesan dengan baik. Buku ini memiliki dasar yang kuat, terutama melalui presentasi TED Talk selama 20 menit. Walaupun demikian, pesan inti buku ini tetap terletak pada pentingnya fokus pada tujuan dan kesepakatan yang mendasari setiap tindakan.

Dalam rangka mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang buku ini, pembaca dapat mengakses buku “Start With Why: Cara Pemimpin Besar Menginspirasi Orang untuk Bertindak” karya Simon Sinek dalam format ebook, pdf, secara gratis beserta reviewnya yang lengkap, hanya di FilspektiF. Ini adalah sumber daya yang berharga bagi individu yang ingin menjelajahi konsep “mengapa” dalam konteks kepemimpinan dan bisnis.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published