Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti?

Judul: Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti?
Penulis: Kim Sang-hyun
Tahun Terbit: 1 Oktober 2020
Genre: Non-fiksi, Self-Help, Kesehatan Mental

Edisi eBook ini dapat dibaca secara online dan gratis, atau dibeli dalam format PDF, EPUB, dan Kindle (MOBI dan AZW3): Beli eBook Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti?

Sinopsis

“Siapa yang akan datang ke pemakamanku saat aku mati?” Satu pertanyaan sederhana itu membuat Kim Sang-hyun banyak berpikir tentang hidup dan segala permasalahannya.

Buku ini adalah refleksi pribadi sang penulis dalam upaya menjalani kehidupan dengan lebih bermakna, bahagia, dan memuaskan. Dalam gaya bahasa yang tenang dan tulus, Kim Sang-hyun berbagi pesan kehangatan, menawarkan dukungan emosional, serta mengilhami kekuatan bagi pembaca untuk mengarungi perjalanan hidup, mengejar impian, serta mengatasi tantangan dan hambatan sehari-hari dengan kepala tegak.

Review

Sejak awal, buku ini menarik perhatian saya karena judulnya yang kontroversial, yang membuat saya teringat akan pertanyaan serupa yang pernah saya temui pada saat mendaftar ke sebuah organisasi kepemudaan. Pertanyaan tersebut adalah, “Apakah ketika Anda meninggal, Anda ingin orang-orang datang ke pemakaman Anda mengingat Anda sebagai orang seperti apa?” Namun, setelah membaca lebih lanjut, saya menyadari bahwa isi buku ini tidak semudah itu.

Kim Sang-hyun, melalui tulisannya, menghadirkan sebuah cerita yang bukan sekadar curhatan pribadi, melainkan juga mengajak pembaca untuk merenungkan dan memahami diri sendiri. Buku ini mengangkat tema tentang bagaimana menjadi baik tanpa diremehkan, menjalin hubungan dengan orang lain tanpa menjadi terlalu keras kepala, dan menjadi diri sendiri tanpa takut dianggap aneh atau berbeda. Saya merasa terhubung dengan buku ini karena saat membacanya, saya mendapati banyak kesamaan dengan pengalaman saya selama pandemi, di mana kita dapat mengetahui siapa saja orang-orang yang benar-benar berharga dalam hidup kita dan siapa yang sebaiknya tidak kita abaikan.

Buku ini memiliki narasi yang enak dibaca dan menarik. Kim Sang-hyun tidak membahas teori-teori psikologis atau memberikan wawasan baru tentang konsep pengembangan diri, melainkan ia lebih menekankan pada pengalaman-pengalaman nyata yang dialami oleh dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Meskipun memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikan buku ini, bukan karena kejelekan atau kebosanan, tetapi karena setiap bagian penting untuk direnungkan agar kita dapat merasakan makna sejati hidup dan mempertanyakan apakah kita telah hidup dengan baik sehingga seseorang akan datang mengenang kita di pemakaman suatu hari nanti.

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan mengikuti diskusi tentang buku ini. Diskusi tersebut memberikan penjelasan lebih mendalam tentang konten buku ini sehingga membantu saya lebih memahami isi dan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Secara keseluruhan, “Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti?” adalah sebuah buku yang menghadirkan cermin untuk melihat diri sendiri melalui cerita-cerita kehidupan sehari-hari. Meskipun terdapat beberapa bagian yang terlalu teknis dan mengarah pada gaya perbaikan diri yang kurang saya sukai, buku ini berhasil mengajak saya merenung dan mempertanyakan kembali makna hidup dan pentingnya menjadi pribadi yang baik dan berarti bagi orang lain.

Jika Anda tertarik, Anda dapat membaca eBook “Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti?” karya Kim Sang-hyun dalam format PDF, EPUB, dan Kindle (MOBI dan AZW3) secara online dan gratis hanya di FilspektiF. Baca buku ini untuk mendapatkan wawasan yang dalam tentang arti hidup dan perjalanan pribadi yang penuh makna.

FilspektiF adalah proyek pribadi yang dijalankan sepenuhnya sendiri, mulai dari penataan hingga pengaturan format eBook. Dukungan dari pembaca seperti Anda sangat berarti bagi kelangsungan situs kecil ini. Dengan dukungan Anda, situs ini dapat terus menghasilkan eBook-eBook berkualitas.

Anda dapat membeli eBook-eBook berkualitas dari FilspektiF di sini: 

Beli E-Book

Versi eBook dibuat dan diterbitkan dengan penuh dedikasi oleh FilspektiF untuk Anda. Cocok digunakan pada berbagai jenis E-Reader, termasuk Kindle.

Detail eBook:

  • Format tersedia dalam satu folder berisi AZW3, EPUB, MOBI, dan PDF.
  • Bahasa: Bahasa Indonesia.

Dengan membeli eBook yang diterbitkan FilspektiF, Anda tidak hanya mendukung kelangsungan situs filspektif.id, tetapi juga mendapatkan akses ke karya-karya dalam berbagai format yang nyaman bagi Anda. Terima kasih atas dukungan Anda!

Salam hangat,

FilspektiF

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published