Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia
Penulis: Yuval Noah Harari
Tahun Terbit: 1 Januari 2011
Genre: Non-fiksi, Sejarah, Sains

Sinopsis

Buku “Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia” karya Yuval Noah Harari membawa pembaca dalam perjalanan panjang sejarah manusia. Selama dua setengah juta tahun, berbagai spesies manusia hidup dan punah di Bumi, hingga hanya satu yang bertahan, yaitu Homo sapiens, Manusia Bijaksana, ratusan ribu tahun lalu. Dalam perjalanannya, spesies manusia ini berhasil menyebar ke seluruh dunia dan berkembang biak hingga mencapai jumlah yang luar biasa, mencapai 7 miliar jiwa, menjadi kekuatan alam yang dapat mengubah kondisi planet.

Review

Buku ini membuka cerita dengan mengisahkan bagaimana manusia bijaksana, Homo sapiens, berhasil muncul sebagai satu-satunya spesies manusia yang masih bertahan di Bumi. Dengan gaya penulisan yang mengalir, Harari membawa kita untuk memahami bagaimana Homo sapiens berhasil mengatasi tantangan dan beradaptasi dalam lingkungan yang beragam, hingga mencapai puncak peradaban saat ini.

Salah satu bagian yang menarik adalah sudut pandangnya tentang revolusi pertanian. Harari menganggapnya sebagai “penipuan terbesar dalam sejarah,” dengan argumennya yang kuat tentang dampak negatif dari bertani, yang menyebabkan manusia yang menetap merasakan lebih banyak penderitaan daripada nenek moyang mereka yang hidup sebagai nomaden. Meskipun kontroversial, pandangan ini memberikan perspektif baru tentang perubahan besar yang telah mempengaruhi jalannya sejarah umat manusia.

Namun, ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki dalam buku ini. Misalnya, Harari memberikan sudut pandangnya tentang agama, mengklaim bahwa agama monoteistik memiliki akar dari keyakinan pada banyak dewa, pandangan ini perlu didukung dengan lebih banyak bukti yang kuat. Selain itu, perbandingan yang dibuatnya antara komunisme dengan agama terasa tidak masuk akal dan memerlukan penjelasan yang lebih komprehensif.

Buku ini juga menghadirkan renungan dan pemikiran pribadi dari penulis tentang karakter manusia. Terlepas dari sudut pandangnya yang menarik, ada beberapa argumen yang tidak sepenuhnya didasarkan pada bukti konkret dan perlu diperkuat dengan riset lebih lanjut.

Meskipun demikian, “Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia” adalah sebuah karya yang menarik dan berani. Meskipun beberapa bagian mengundang kontroversi, buku ini menghadirkan pandangan yang berbeda tentang sejarah dan karakter manusia. Harari mampu menyajikan fakta sejarah secara menarik dan memikat, membuat pembaca terus terpikat dengan alur cerita yang disajikan.

Baca buku “Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia” karya Yuval Noah Harari dalam format eBook atau PDF, beserta reviewnya secara online dan gratis hanya di FilspektiF. Secara keseluruhan, buku ini memberikan wawasan yang menarik tentang perjalanan manusia dari masa lampau hingga saat ini. Meskipun ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki dan didukung dengan lebih banyak bukti, buku ini tetap layak dibaca bagi siapa pun yang tertarik pada sejarah, sains, dan perjalanan panjang umat manusia di dunia ini. Buku ini mengundang pembaca untuk berpikir lebih dalam tentang eksistensi dan peran manusia dalam perubahan dunia, menjadikannya sebuah bacaan yang memberikan pengalaman intelektual yang memuaskan.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published