Mindset: Changing The Way You Think To Fulfil Your Potential

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Mindset: Changing The Way You Think To Fulfil Your Potential
Penulis: Carol S. Dweck
Tahun Terbit: 1 Januari 2006
Genre: Psikologi, Non-fiksi, Self-Help

Sinopsis

“Mindset: Changing The Way You Think To Fulfil Your Potential” adalah sebuah buku yang telah mengubah jutaan kehidupan dan kini diperbarui dengan penelitian baru. Ditulis oleh Carol S. Dweck, Ph.D., seorang psikolog terkenal dari Universitas Stanford, buku ini mengungkapkan ide sederhana namun inovatif tentang kekuatan pola pikir.

Dweck menemukan bahwa ada dua jenis pola pikir yang mempengaruhi perkembangan seseorang. Pertama, pola pikir tetap, dimana individu percaya bahwa kemampuan itu tetap dan tidak dapat berubah. Kedua, pola pikir berkembang, dimana individu percaya bahwa kemampuan dapat dikembangkan melalui usaha dan dedikasi.

Buku ini menyajikan wawasan baru tentang konsep pola pikir ini dan memberikan pemahaman tentang bagaimana orang tua, guru, manajer, dan atlet yang hebat dapat menggunakan ide ini untuk mendorong pencapaian yang luar biasa. Dweck juga membahas fenomena yang disebutnya sebagai pola pikir pertumbuhan palsu dan memberikan panduan bagi pembaca untuk mengadopsi pola pikir pertumbuhan yang lebih dalam dan benar.

Review

Buku ini menciptakan dampak besar pada saya, dan diagram yang disajikan dengan baik merangkum pesan utamanya. Pola Pikir Tetap mengarah pada keinginan untuk terlihat cerdas, yang berujung pada menghindari tantangan, bersikap defensif, melihat usaha sebagai sia-sia, mengabaikan umpan balik negatif yang bermanfaat, dan merasa terancam oleh kesuksesan orang lain. Dampaknya adalah terhambatnya potensi penuh individu tersebut.

Sementara itu, Pola Pikir Pertumbuhan mengarah pada keinginan untuk belajar, menerima tantangan, bertahan menghadapi kemunduran, melihat usaha sebagai jalan menuju penguasaan, belajar dari kritik, dan menemukan pelajaran serta inspirasi dalam kesuksesan orang lain. Akibatnya, mereka mencapai tingkat pencapaian yang semakin tinggi.

Pertanyaan-pertanyaan dasar yang diajukan dalam buku ini membantu dalam mengembangkan mindset berkembang. Sebagai contoh, setiap hari kita dapat bertanya pada diri sendiri, “Apa peluang untuk belajar dan tumbuh hari ini?” Ini mengingatkan kita bahwa upaya dan dedikasi adalah kunci bagi perkembangan pribadi kita. Namun, buku ini juga memberikan peringatan bahwa usaha harus diarahkan pada perkembangan kekuatan yang relevan, karena tidak semua upaya akan menghasilkan hasil yang diharapkan, terutama jika ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi.

Namun, saya menyadari bahwa penulis terkadang menyederhanakan beberapa konsep dengan terlalu mudah. Buku ini juga terasa monoton dalam penyajian informasinya. Meskipun demikian, pesan inti yang ingin disampaikan tetap relevan dan berharga.

Secara pribadi, saya merasa buku ini penting karena menggarisbawahi pentingnya pola pikir berkembang dalam meraih sukses. Terlalu sering, kita terjebak dalam pandangan bahwa bakat bawaan adalah penentu utama kesuksesan kita. Namun, buku ini menegaskan bahwa kerja keras, tekad, dan ketekunan adalah faktor utama yang membawa seseorang menuju keberhasilan.

Kritik terhadap bagian pertama buku ini, yang terasa tidak akurat secara ilmiah dan cenderung menggeneralisasi, patut dipertimbangkan. Meskipun demikian, buku ini berhasil membuka wawasan saya tentang bagaimana cara pandang kita mempengaruhi tindakan dan pencapaian kita dalam kehidupan.

Secara keseluruhan, “Mindset: Changing The Way You Think To Fulfil Your Potential” adalah sebuah buku berharga yang mampu mengubah paradigma pembaca tentang bagaimana mencapai potensi penuh dalam hidup. Buku ini mendorong kita untuk mengadopsi pola pikir pertumbuhan yang lebih positif, yang pada akhirnya dapat membawa kita menuju kesuksesan yang lebih besar. Meskipun ada beberapa kritik, pesan dan panduan yang disampaikan oleh Carol S. Dweck tetap relevan dan inspiratif. Saya sangat merekomendasikan buku ini kepada siapa pun yang ingin mengoptimalkan potensi mereka dan mencapai tujuan hidup yang lebih tinggi.

Baca buku “Mindset: Changing The Way You Think To Fulfil Your Potential” karya Carol S. Dweck dalam format ebook, pdf, secara online dan gratis beserta reviewnya hanya di FilspektiF. Dapatkan wawasan mendalam tentang pentingnya pola pikir dalam mencapai sukses dalam hidup Anda!

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published