Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar
Penulis: H. E. Mulyasa
Tahun Terbit: 24 Maret 2021

Sinopsis

Buku ini menggambarkan peran penting Menteri Nadiem Makarim dalam bidang pendidikan, di mana dia lebih memprioritaskan pembangunan pola pikir guru daripada perubahan kurikulum. Sebagai seorang Menteri yang dijuluki sebagai Menteri Milenial, Nadiem Makarim diharapkan dapat mengubah pemahaman lama yang menyatakan bahwa setiap pergantian Menteri akan diikuti oleh perubahan kurikulum. Dia berusaha untuk menegaskan bahwa, apa pun perubahan dalam kepemimpinan pemerintah atau kurikulum yang diimplementasikan, guru tetap menjadi elemen kunci dalam keberhasilan pendidikan. Tanpa guru yang efektif sebagai garda terdepan dalam proses pembelajaran, segala upaya untuk mencetak generasi emas masa depan Indonesia akan sia-sia.

Review

Buku ini mengeksplorasi peran Guru Penggerak Merdeka Belajar dalam sistem pendidikan nasional. Guru-guru ini diharapkan dapat menjadi agen-agen perubahan yang mampu mengubah paradigma pendidikan di Indonesia. Mereka bertanggung jawab untuk mempersiapkan peserta didik yang memiliki kompetensi global dan karakter, serta mampu mendorong transformasi pendidikan secara keseluruhan. Guru Penggerak Merdeka Belajar diharapkan dapat meningkatkan prestasi akademik peserta didik, memotivasi mereka untuk aktif dalam proses pembelajaran, dan mengembangkan kreativitas mereka.

Buku ini akan membantu pembaca, khususnya para pendidik, untuk memahami dan menerapkan program Guru Penggerak Merdeka Belajar. Materi disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu, buku ini juga memberikan contoh-contoh nyata yang terkait dengan peran Guru Penggerak Merdeka Belajar. Contoh-contoh ini membantu pembaca untuk lebih memahami konsep dan praktik yang terkait dengan program ini.

Salah satu fitur penting dalam buku ini adalah penyajian contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Merdeka Belajar, pelaksanaan pembelajaran, dan sistem penilaian. Buku ini juga menyertakan format-format yang dapat dijadikan referensi oleh para guru, calon guru, dan tenaga kependidikan lainnya dalam melaksanakan peran Guru Penggerak Merdeka Belajar.

Dengan membaca buku ini, pembaca akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang peran Guru Penggerak Merdeka Belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Buku ini juga memberikan panduan praktis yang dapat membantu para pendidik dalam mengimplementasikan konsep ini secara efektif di lapangan.

Jadi, jika Anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang program Guru Penggerak Merdeka Belajar dan bagaimana Anda dapat mengaplikasikannya dalam dunia pendidikan, saya sangat merekomendasikan untuk membaca “Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar” karya H. E. Mulyasa. Buku ini tersedia dalam format ebook atau PDF secara online dan gratis hanya di FilspektiF, sehingga mudah diakses oleh semua orang yang ingin meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published