Menjadi Dewasa Tanpa Tahu Apa-Apa

Judul: Menjadi Dewasa Tanpa Tahu Apa-Apa
Penulis: Ulnyangyi
Tahun Terbit: 1 Januari 2021
Genre: Self-Help, Non-fiksi

Sinopsis

Dalam buku ini, Ulnyangyi mengajak pembaca untuk merenung tentang perjalanan hidup dan bagaimana menjadi dewasa tanpa sepenuhnya memahami segalanya. Ia menggambarkan betapa banyaknya luka yang mungkin tergores di hati sepanjang hidup, dan bagaimana luka-luka tersebut dapat meninggalkan bekas yang terus terasa, bahkan ketika telah mengeras menjadi koreng. Dalam perjalanan ke dewasaan, hal-hal sepele pun dapat membuat kita ingin menangis.

Review

“Buku Menjadi Dewasa Tanpa Tahu Apa-Apa” adalah bacaan yang cocok bagi mereka yang tertarik dengan buku non-fiksi namun tidak ingin merasa bosan atau terbebani dengan terlalu banyak informasi. Dengan gaya ringan dan dihiasi dengan ilustrasi lucu, buku ini mudah dibaca dan menghibur.

Pembagian buku menjadi empat bagian besar dengan tulisan-tulisan pendek memungkinkan pembaca untuk menemukan kisah-kisah inspiratif dan nasihat-nasihat yang mungkin dibutuhkan. Buku ini dapat memberikan pencerahan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup, seperti cara mengatasi rasa kecewa dan menerima kenyataan bahwa hubungan dengan teman bisa menjadi renggang, atau bagaimana menghadapi situasi dengan manusia aneh yang mungkin kita temui saat dewasa nanti.

Buku ini memiliki kesan yang sangat relatable, dan terjemahannya mudah dimengerti. Membacanya seakan membawa kita pada kilas balik akan pengalaman hidup yang pernah dihadapi dan cocok untuk direnungkan sebelum tidur. Dalam kisahnya, penulis, Ulnyangyi, dengan jujur berbagi pengalaman pribadi dan menjadi sosok yang dekat dengan pembaca, terutama bagi mereka dengan usia yang tidak jauh berbeda.

Meskipun hasil terjemahan mesin, beberapa kalimat mungkin terdengar tidak begitu tepat, namun hal ini bisa dimaklumi dan tidak mengurangi pesan dari buku ini. Penulis menghadirkan kisah-kisah yang beragam, sehingga bisa jadi relevan bagi sebagian pembaca dan tidak relevan bagi yang lainnya, tergantung pada jalur kedewasaan yang telah diambil oleh masing-masing individu.

“Menjadi Dewasa Tanpa Tahu Apa-Apa” menghadirkan tekanan yang seringkali dirasakan saat dewasa, di mana banyak orang memberikan harapan dan ekspektasi tertentu terhadap kita. Namun, buku ini juga mengajarkan untuk bijaksana dan menerima kenyataan bahwa perjalanan menuju kedewasaan tidak selalu mudah. Terkadang, buku ini mengungkapkan pandangan dengan menggunakan “saya” dan kadang-kadang “kami”, yang mungkin membingungkan pembaca. Namun, itu tidak mengurangi nilai dari isi buku secara keseluruhan.

Buku ini cocok bagi mereka yang mencari representasi tentang proses pendewasaan, yang akan membuat pembaca merasa bahwa mereka tidak sendirian dan bahwa perasaan yang mereka alami adalah wajar karena banyak orang juga mengalaminya. Melalui kisah-kisah pribadi dan pemikiran penulis, pembaca dapat merasa terhubung dengan cerita-cerita yang penuh dengan pergumulan, ketidakpercayaan diri, kekurangan motivasi, ketakutan akan kegagalan, merasa biasa-biasa saja, dan rasa bosan dengan rutinitas hidup.

Kesimpulannya, “Menjadi Dewasa Tanpa Tahu Apa-Apa” adalah teman setia bagi mereka yang mencari panduan untuk menghadapi perjalanan ke dewasaan dengan lebih bijaksana. Meskipun tidak memberikan tips praktis yang mendalam, buku ini tetap memiliki daya tarik tersendiri melalui pengalaman dan cerita-cerita manusiawi yang dihadirkan oleh Ulnyangyi.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published