Mantappu Jiwa

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Mantappu Jiwa
Penulis: Jerome Polin Sijabat
Tahun Terbit: 19 Agustus 2019
Genre: Non-fiksi, Self-Help, Biografi

Sinopsis

Buku “Mantappu Jiwa” ditulis oleh Jerome Polin Sijabat, mengisahkan perjuangan hidupnya dari masa kelahirannya dekat dengan hari kerusuhan pada tahun 1998 hingga berhasil meraih beasiswa penuh S1 di Jepang. Dalam buku ini, penulis berbagi bagaimana dia menghadapi berbagai tantangan dan masalah dalam hidupnya, serta perjalanan awalnya sebagai mahasiswa Indonesia di Jepang dan penciptaan saluran YouTube Nihongo Mantappu. Dengan gaya cerita yang menyenangkan dan ramah, buku ini mengajak pembaca untuk merenung tentang arti hidup dan semangat untuk terus berjuang.

Review

Buku “Mantappu Jiwa” menghadirkan karakter Jerome Polin dengan gaya bahasa yang santai dan menghibur. Ceritanya yang menyentuh emosi membawa kita pada perjalanan hidupnya yang penuh perjuangan dan inspirasi. Penulis dengan jujur membagikan momen-momen bahagia dan sedih dalam hidupnya, membuat pembaca merasa terhubung dengan ceritanya, terutama para siswa yang dapat merelakan diri dalam cerita ini.

Namun, ada beberapa kekurangan dalam buku ini. Salah satunya adalah gaya penulisan yang terkadang seperti jalan raya, lurus saja tanpa henti. Pembagian bab-bab yang lebih terstruktur akan memberikan pengalaman membaca yang lebih baik, dengan menggali momen-momen penting dalam kehidupan Jerome, seperti masa kecil, SMA, Olimpiade, perjuangan mencari beasiswa, hingga menjadi seorang YouTuber. Hal ini akan memperkaya narasi dan memungkinkan pembaca lebih mengenal perjalanan hidupnya dengan lebih detail.

Meskipun demikian, buku ini berhasil menggambarkan perjalanan Jerome yang penuh perjuangan. Rasa haru dan kesedihan yang dialami penulis saat menghadapi penolakan dan takdir yang berbeda dari harapannya, menciptakan nuansa yang mendalam bagi pembaca. Cerita tentang perjuangan Jerome untuk meraih beasiswa penuh dan menyelesaikan studi di Waseda University memberikan inspirasi yang luar biasa bagi pembaca.

Selain itu, buku ini juga mampu memberikan pandangan tentang bagaimana seorang pemuda Indonesia meraih impian di negeri yang jauh, Jepang. Jerome berhasil menciptakan saluran YouTube Nihongo Mantappu yang sukses dan memiliki banyak subscriber, dan ini menjadi inspirasi bagi pembaca yang ingin mengejar impian mereka dengan sungguh-sungguh.

Namun, buku ini mungkin dapat lebih menarik dengan penambahan cerita lucu mengenai pengalaman Jerome saat mengalami culture shock di Jepang atau menjalin persahabatan dengan teman-temannya di sana. Tambahan-tambahan seperti ini dapat menghidupkan kembali momen-momen berharga dalam perjalanan hidupnya.

Secara keseluruhan, buku “Mantappu Jiwa” menghibur dan memberikan pandangan pribadi yang unik dari pemilik cerita sendiri. Ini menjadi kelebihan tersendiri karena pandangan subjektif Jerome memberikan kehangatan dan kedekatan dalam membacanya. Buku ini mampu menyentuh hati dan memotivasi pembaca untuk menjalani hidup dengan semangat dan optimisme, serta menghadapi setiap tantangan dengan penuh keyakinan. Dengan pesan-pesan inspiratif yang terkandung di dalamnya, buku ini berhasil memberikan makna dan nilai kehidupan. Jika Anda ingin merenung tentang arti hidup dan semangat untuk terus berjuang, baca buku “Mantappu Jiwa” karya Jerome Polin Sijabat dalam format ebook, pdf, berserta resensinya gratis dan online hanya di FilspektiF.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published