Laut Bercerita

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Laut Bercerita
Penulis: Leila S. Chudori
Tahun Terbit: 23 Oktober 2017
Genre: Fiksi

Sinopsis

“Laut Bercerita” mengisahkan kisah sejumlah aktivis pada masa Orde Baru tahun 1998 yang tergabung dalam organisasi bernama Winatra dan Wirasena. Cerita ini berfokus pada perjuangan Laut dan kawan-kawannya dalam mencari keadilan untuk rezim yang korup dan amburadul. Dikisahkan dari dua sudut pandang utama, Laut dan Asmara, novel ini mengeksplorasi tema-tema seperti penyensoran, penindasan politik, kebebasan berbicara, kekuatan seni, nilai-nilai keluarga, harapan, dan cinta.

Review

“Laut Bercerita” adalah sebuah novel yang menghadirkan kisah yang mengharukan dan menarik, membawa kita melalui perjalanan panjang karakter-karakternya dalam mencari keadilan dan kebenaran di tengah rezim yang korup dan kejam. Novel ini berhasil menggambarkan suasana politik yang panas pada masa Orde Baru tahun 1998 dan menggali berbagai tema penting seperti penyensoran, penindasan politik, dan kekuatan seni.

Salah satu kekuatan utama novel ini adalah gaya penulisan Leila S. Chudori yang mengalir dengan lancar dan mudah dibaca. Dia berhasil menciptakan narasi yang indah tanpa mengorbankan kedalaman cerita.

Novel ini dibagi menjadi dua bagian, yang menceritakan perspektif karakter utama, Laut, dan saudara perempuannya, Asmara. Paruh pertama menggambarkan peristiwa tragis yang dialami oleh Laut dan kawan-kawannya, yang diculik dan disiksa oleh pasukan elit militer. Paruh kedua fokus pada perjuangan keluarga, kerabat, dan sahabat aktivis yang hilang akibat peristiwa tersebut.

Chudori juga berhasil menghadirkan karakter-karakter yang kuat dan mendalam. Laut dan Asmara, sebagai narator utama, memiliki suara yang unik dan membuat pembaca merasa terhubung dengan mereka. Sementara itu, karakter-karakter pendukung juga memiliki kompleksitas dan keunikan mereka sendiri.

Sebagai latar belakang cerita, tahun 1998 adalah masa yang penuh ketegangan politik dan sosial di Indonesia. Novel ini berhasil menggambarkan atmosfer saat itu dengan baik, memberikan wawasan tentang perjuangan aktivis dan keguncangan politik yang dialami oleh masyarakat.

Selain itu, “Laut Bercerita” mengangkat tema kekuatan seni sebagai bentuk perlawanan dan ekspresi diri. Dialita, kelompok paduan suara yang terdiri dari perempuan-perempuan penyintas atau anak-anak penyintas tahanan politik PKI pada tahun 1965, menjadi simbol penting dalam novel ini.

Salah satu aspek yang paling memukau dari novel ini adalah kemampuannya untuk membuat pembaca merenungkan tindakan dan pilihan yang akan mereka ambil jika hidup di masa yang sulit seperti itu. Tekad Laut untuk menemukan kebenaran menghadirkan akhir cerita yang mengesankan dan penuh makna.

Secara keseluruhan, “Laut Bercerita” adalah novel yang kuat dengan latar sejarah yang menarik, karakter-karakter yang mendalam, dan pesan-pesan yang menginspirasi. Gaya penulisannya yang apik dan alur cerita yang menarik menjadikannya sebagai bacaan yang sangat layak. Anda dapat membaca “Laut Bercerita” karya Leila S. Chudori dalam format ebook atau PDF secara online dan gratis hanya di FilspektiF.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published