Kita Adalah Siapa yang Kita Temui

Judul: Kita Adalah Siapa yang Kita Temui
Penulis: You Yeongmahn
Tahun Terbit: 2022
Genre: Self-Help, Psikologi

Sinopsis

Buku ini mengajak kita untuk mengenali karakter dan sifat-sifat manusia dengan tujuan memperbaiki hubungan antar manusia agar lebih sehat dan bermakna. Seperti yang diungkapkan oleh penulis, “Kita adalah siapa yang kita temui.”

Review

Buku ini bukan hanya tentang memenuhi harapan orang lain, tetapi juga mengajarkan bagaimana menjadi individu yang dapat menghargai diri sendiri dan orang lain. Bagian awal (Part 1) memberikan pemahaman yang bisa dimaklumi dengan baik, sedangkan Part 3 mendorong kita untuk merenung lebih dalam. Namun, bagian terakhir buku ini tentang menjadi manusia yang berbeda terasa agak kurang memuaskan dan sedikit membosankan karena adanya pengulangan dalam pembahasannya. Seharusnya bagian ini lebih ringkas, karena terkadang cenderung berlebihan. Kelemahan ini menyayangkan, karena di bagian awal terdapat wawasan yang sangat mengagumkan. Sayangnya, pengembangan konsep agak terhenti di bagian akhir, sehingga mengurangi dampak positif keseluruhan buku ini.

Buku ini merupakan pemaparan komprehensif mengenai berbagai aspek sifat manusia, yang juga mengungkapkan berbagai kekurangan yang mungkin dimiliki oleh setiap individu. Buku ini tidak hanya memberikan gambaran masalah, tetapi juga memberikan saran perbaikan dan peluang refleksi. Namun, untuk mengubah diri, penekanan diberikan pada langkah-langkah yang dimulai dari diri sendiri. Oleh karena itu, buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca, meskipun beberapa bagian terasa agak monoton.

Secara keseluruhan, isi buku ini sering diilustrasikan dengan kutipan dari berbagai tokoh, meskipun terkadang ini bisa membuat pembaca kehilangan fokus. Gaya penulisan buku ini terkadang terkesan rumit dan cenderung menghakimi. Namun, perlu diakui bahwa bagian awal buku ini sungguh mengagumkan dalam menghadirkan pemikiran yang tajam.

Buku ini berhasil membawa pembaca melihat ke dalam diri sendiri. Pengalaman penulis dalam memahami dan mengamati karakter manusia memunculkan wawasan baru dalam memahami tindakan dan sikap orang di sekitar kita. Buku ini juga menyoroti pentingnya mengenali diri sendiri dan memahami orang lain, karena kurangnya pemahaman ini sering menjadi akar masalah depresi dan hubungan yang kurang bermakna.

Sebagai sebuah buku pengembangan diri, bagian pertama buku ini ditulis dengan sangat baik. Buku ini menjadi lebih menarik jika pembaca membuka pikiran untuk melakukan perubahan diri. Bacaan ini secara efektif meningkatkan kesadaran akan hubungan personal dengan orang lain. Buku ini tidak hanya mendorong kita untuk mengenali karakter orang lain, tetapi juga memberi tahu kita bagaimana melakukannya melalui contoh kasus konkret.

Buku ini membuka pintu bagi kita untuk melihat lebih dalam ke dalam diri sendiri dan orang lain. Dalam prosesnya, buku ini bisa membuat kita merasa rentan karena mengungkapkan kekurangan yang mungkin kita miliki. Meskipun pada akhirnya banyak yang merasa tersinggung, perlu diingat bahwa memiliki kecerdasan interpersonal adalah perjalanan yang memerlukan usaha dan kesabaran.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published