Ikigai: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Ikigai: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang
Penulis: Hector Garcia, Francesc Miralles
Tahun Terbit: 1 April 2016
Genre: Non-fiksi, Self-Help, Filsafat

Sinopsis

Setiap individu memiliki ikigai, istilah Jepang yang merujuk pada ‘alasan untuk hidup’ atau semangat untuk melangkah dari tempat tidur di pagi hari. Dalam ikigai, terjalinlah kebutuhan, keinginan, ambisi, dan kepuasan pribadi. Di sinilah titik keseimbangan ditemukan. Bukan kebetulan jika menemukan ikigai Anda terkait erat dengan hidup yang lebih panjang dan bahagia. Namun, menemukan ikigai ini ternyata lebih mudah daripada yang kita kira. Buku ini menjadi panduan untuk menggali dan memahami esensi ikigai, memberikan alat bagi perubahan hidup. Dalam diri Anda terdapat tujuan, keterampilan, minat, keinginan, dan sejarah yang membentuk Anda menjadi calon yang ideal untuk pencapaian tertentu. Yang dibutuhkan hanyalah menemukannya. Dengan melakukannya, setiap hari dalam hidup bisa diisi dengan makna dan kebahagiaan.

Review

“Ikigai” adalah buku yang mengupas konsep Jepang tentang makna hidup, di mana setiap individu menemukan alasan hidup (ikigai) yang mendorong mereka hidup dengan penuh semangat dan kebahagiaan. Dalam dunia di mana stres dan kebingungan merajalela, konsep ini telah membantu Jepang menjadi salah satu negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia.

Dalam buku ini, konsep ikigai dihubungkan dengan produktivitas dan kualitas hidup. Penulis, Hector Garcia dan Francesc Miralles, mengambil inspirasi dari pemikiran Viktor Frankl, Nassim Taleb, dan sejumlah tokoh berpengaruh lainnya, menggabungkan pandangan Barat tentang pencarian tujuan hidup dengan perspektif unik ikigai. Pendekatan ini diperkuat oleh wawancara penulis dengan para lansia di Okinawa, Jepang, khususnya di desa Ogimi yang terkenal akan umur panjang penduduknya.

Melalui wawancara ini, buku ini memaparkan jadwal harian, hobi, olahraga, pola makan, dan kebiasaan lain dari para lansia tersebut. Meskipun setiap individu memiliki keunikan, mereka memiliki kesamaan dalam pencarian tujuan hidup yang membawa kebahagiaan. Buku ini memberikan wawasan menarik dan mengilhami tentang gaya hidup yang mendukung kebahagiaan dan usia panjang.

Pengarang juga menggali konsep aliran, logoterapi, dan morita-therapy, yang kesemuanya terkait erat dengan ikigai. Ini melibatkan keterlibatan aktif dalam kehidupan, pemilihan makanan yang bijaksana, rajin berolahraga, serta cara bersemangat menghadapi masalah dan perubahan.

“Ikigai” adalah buku yang padat, menggabungkan teori-teori tentang kebahagiaan dan umur panjang yang terkenal dan diakui dengan contoh kehidupan nyata dari masyarakat Jepang.

Buku ini menguraikan bahwa ikigai adalah perpaduan antara hal yang Anda cintai, yang Anda kuasai, dan yang dibutuhkan oleh dunia. Menurut penulis, menerapkan sepuluh tips yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari penduduk Ogimi, Okinawa, dapat membantu setiap individu mencapai ikigai mereka:

Jangan berhenti mempraktikkan aktivitas yang Anda temukan sendiri, karena dengan kehilangannya Anda kehilangan tujuan dan keinginan untuk melanjutkan.

Meskipun buku ini memberikan wawasan yang berharga tentang menemukan tujuan hidup, beberapa pembaca mungkin merasa kecewa karena tidak mendapatkan banyak informasi baru tentang kehidupan bahagia yang belum mereka ketahui sebelumnya. Namun, pada akhirnya, menyadari kembali komponen-komponen kehidupan bahagia yang dikenal secara umum juga dapat menjadi langkah awal yang berguna.

Secara keseluruhan, “Ikigai” adalah buku yang berharga bagi mereka yang ingin menemukan makna dan tujuan dalam hidup mereka. Meskipun tidak menghadirkan pemahaman yang revolusioner, buku ini berhasil menyajikan perspektif yang berbeda mengenai kebahagiaan dan kepuasan hidup berdasarkan konsep unik dari budaya Jepang. Kami berterima kasih kepada penulis atas karya berarti ini. Anda dapat membaca buku “Ikigai: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang” karya Hector Garcia dan Francesc Miralles, beserta resensinya, secara online dan gratis hanya di FilspektiF.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published