Ikhlas Paling Serius

Judul: Ikhlas Paling Serius
Penulis: Fajar Sulaiman
Tahun Terbit: Diterbitkan 1 Januari 2021
Genre: Puisi, Percintaan

Sinopsis

“Ikhlas Paling Serius” adalah kumpulan puisi yang menghadirkan gambaran tentang kekuatan dan keikhlasan dalam menghadapi cinta, kehilangan, dan penyesalan. Penyair, Fajar Sulaiman, dengan indah menggambarkan bagaimana tersenyumlah meskipun air mata terus menetes, dan bagaimana kekuatan penyembuhan sebenarnya terletak di dalam hati yang terluka. Puisi-puisi ini mengajak kita untuk melepaskan dengan ikhlas, menerima luka, dan berbaik hati pada diri sendiri agar kita dapat menemukan bahagia kembali.

Review

“Ikhlas Paling Serius” adalah karya yang sungguh mendalam karena membahas tentang cinta dan kehilangan dengan sangat jujur. Penulis dengan hati-hati menyampaikan pemikiran tentang percintaan dan perpisahan, menyadari bahwa keputusan untuk pergi sering kali diambil setelah pertimbangan matang bukan hanya impulsif atau emosi sesaat. Sepertinya penulis ingin menyampaikan pesan bahwa ketika seseorang pergi, itu mungkin karena mereka tidak lagi ingin bertahan, dan terkadang sulit untuk ikhlas melepaskan karena ada penyesalan atas keputusan yang diambil sebelumnya.

Saya mengapresiasi cara penulis menyampaikan pesannya, tetapi ada ruang untuk perbaikan dalam penyampaian dan penataan kata-kata. Penulis bisa lebih mengemasnya dengan rangkaian kata yang lebih rapi, indah, dan puitis, sehingga pembaca merasa terhanyut dalam keindahan puisi tersebut. Namun demikian, konten dari buku ini tetap sangat menggugah perasaan dan memberikan wawasan tentang bagaimana mencari ikhlas dalam menghadapi cinta dan kehilangan.

Buku ini memiliki kutipan-kutipan yang mengena, seperti “Kalau kesepian adalah tanda kesedihan, mungkin bulan tidak akan lebih terang dari bintang.” Kutipan ini memberi gambaran tentang kesedihan yang dalam saat merasakan kehilangan. Rating saya untuk buku ini adalah 4,25 dari 5 bintang. Meskipun saya tidak sepenuhnya puas, buku ini tetap memiliki pesan yang mengena bagi pembaca.

Saya sangat terkesan dengan cara penulis menyampaikan perasaannya dalam puisi-puisi ini. Bahasa puitisnya mampu mengungkapkan perasaan yang terpendam dengan begitu mendalam. Saya merasa seperti penulis berhasil membaca hati saya dan mengungkapkan apa yang sulit saya sampaikan. Buku ini memang menjadi sarana untuk menghadapi kehilangan dan mengatasi rasa sakit dengan ikhlas.

“Ikhlas Paling Serius” adalah buku yang berdampak bagi saya. Puisi-puisi di dalamnya membuka mata saya tentang kekuatan keikhlasan dalam mengatasi perasaan kehilangan. Kutipan “Sakit memang, ketika kita terpaksa melupakan seseorang yang bahkan tak pernah kita miliki” sangat menyentuh dan menggambarkan perasaan yang sulit diungkapkan. Buku ini adalah teman yang sempurna bagi siapa pun yang sedang mencari cara untuk berdamai dengan masa lalu dan bangkit kembali.

Secara keseluruhan, “Ikhlas Paling Serius” adalah kumpulan puisi yang menyentuh dan menguras hati. Penulis dengan sangat puitis mampu menyampaikan pesan tentang cinta, harapan, kehilangan, penyesalan, dan keikhlasan dengan begitu mendalam. Buku ini cocok untuk orang-orang yang ingin merenungkan tentang cinta yang telah hilang dan menemukan cara untuk menerima dengan ikhlas. Terima kasih kepada Fajar Sulaiman atas karya yang begitu bermakna ini. Semoga sukses selalu untuknya, dan saya mengharapkan karya-karya indah lainnya di masa depan.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published