Haji Dadjal

Judul: Haji Dadjal (Hadji Dadjal)
Penulis: Abdoel Xarim M.S.
Tahun Terbit: 1941
Genre: Fiksi

Edisi eBook ini dapat dibaca gratis secara online, atau dibeli dalam format PDF, EPUB, dan Kindle (MOBI dan AZW3): Beli eBook Haji Dadjal

Sinopsis

“Haji Dadjal” mengisahkan perjalanan Oemar, seorang tukang cendol yang keras kepala, yang memutuskan untuk naik haji ke Mekah setelah mengumpulkan uang dari pekerjaannya selama tujuh tahun. Meskipun banyak orang meragukan keputusannya karena kurangnya pengetahuan agamanya, Oemar tetap teguh pada keyakinannya. Dia berangkat dengan harapan bisa belajar dan tumbuh dalam agama di Mekah, tanpa peduli pada ejekan orang lain tentang namanya “si Dadjal.”

Review

Sejak Jamaludin Al-Afghani, Muhammad Abduh, dan Kairuddin Al-Tunisi mengguncang dunia Islam dengan pemikiran-pemikiran pembaruannya, gerakan pembaharuan dalam dunia Islam telah menjadi sorotan utama di berbagai belahan dunia Islam. Di Sumatera, gerakan ini berkembang dengan khususnya di Minangkabau, di mana Islam tidak hanya merupakan keyakinan keagamaan tetapi juga meresap dalam pengetahuan, perilaku, dan makna budaya masyarakat Minangkabau. Islam dan adat di sana telah lama beriringan.

Periode Padri membawa ketegangan dalam harmonisasi antara Islam dan tradisi di Minangkabau. Pada saat itu, muncul gerakan puritan yang keras yang menentang praktik-praktik tradisional. Namun, setelah berakhirnya periode Padri, upaya untuk menyatukan Islam dan tradisi kembali berlangsung, meskipun isu-isu agama tetap menjadi sumber perselisihan di abad kedua puluh.

Pengaruh Belanda juga memengaruhi perkembangan agama di Sumatera, dengan munculnya perdebatan antara kaum modernis yang memperkenalkan pemikiran Barat dan pemuda yang berfokus pada reformisme Islam. Perdebatan ini menciptakan ketegangan dalam masyarakat Minangkabau, yang memiliki identitas kuat sebagai Muslim dan pengikut adat yang kuat.

Dalam konteks ini, Abdoel Xarim M.S. menciptakan karyanya “Haji Dadjal.” Roman ini menunjukkan kritik sosial yang revolusioner untuk masanya. Terbit pada tahun 1941, roman ini menjadi medium untuk menyuarakan kritik terhadap praktik-praktik beragama dalam masyarakat Melayu pada zamannya.

Karakter utama, Oemar, digambarkan sebagai tukang cendol yang keras kepala. Orang-orang di sekitarnya menyebutnya Dadjal karena perilakunya yang berbeda. Oemar memutuskan untuk pergi ke Mekah setelah mengumpulkan uang selama tujuh tahun. Namun, perjalanan ini tidak hanya sebatas haji biasa. Oemar juga berniat untuk terus menjalankan bisnis cendolnya di Mekah, dengan keyakinan bahwa cuaca panas di sana akan meningkatkan penjualan cendolnya.

Salah satu kritik yang diangkat dalam roman ini adalah praktik-praktik beragama yang dianggap tidak benar, seperti ziarah yang dianggap semu, dan kultus terhadap individu seperti Habib yang dianggap menipu orang-orang yang fanatik. Oemar juga menolak kultus Arab sebagai panduan Islam yang benar. Ia menunjukkan ketidaksetujuannya terhadap praktik-praktik yang hanya bertujuan untuk mencari pakaian dan gelar dalam ibadah.

Kritik yang ditampilkan dalam “Haji Dadjal” mencerminkan keberanian Abdoel Xarim M.S. dalam merespons dinamika sosial dan keagamaan di zamannya. Ia membahas masalah yang relevan dalam masyarakat Melayu pada saat itu dan menghadirkan pandangan yang berbeda melalui karakter Oemar. Roman ini menjadi jendela yang menarik untuk memahami konflik agama dan budaya di Minangkabau pada masa lalu.

Untuk membaca lebih lanjut mengenai pandangan dan pemikiran dalam novel ini, Anda dapat mengakses eBook “Haji Dadjal” karya Abdoel Xarim M.S. dalam format PDF, EPUB, dan Kindle (MOBI dan AZW3) secara online dan gratis di FilspektiF.

FilspektiF adalah proyek pribadi yang dijalankan sepenuhnya sendiri, mulai dari penataan hingga pengaturan format eBook. Dukungan dari pembaca seperti Anda sangat berarti bagi kelangsungan situs kecil ini. Dengan dukungan Anda, situs ini dapat terus menghasilkan eBook-eBook berkualitas.

Anda dapat membeli eBook-eBook berkualitas dari FilspektiF di sini: 

Beli E-Book

Versi eBook dibuat dan diterbitkan dengan penuh dedikasi oleh FilspektiF untuk Anda. Cocok digunakan pada berbagai jenis E-Reader, termasuk Kindle.

Detail eBook:

  • Format tersedia dalam satu folder berisi AZW3, EPUB, MOBI, dan PDF.
  • Bahasa: Bahasa Indonesia.

Dengan membeli eBook yang diterbitkan FilspektiF, Anda tidak hanya mendukung kelangsungan situs filspektif.id, tetapi juga mendapatkan akses ke karya-karya dalam berbagai format yang nyaman bagi Anda. Terima kasih atas dukungan Anda!

Salam hangat,

FilspektiF

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published