Filosofi Teras

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul : Filosofi Teras
Penulis : Henry Manampiring
Tahun Terbit: 1 November 2018
Genre : Self Help, Filsafat, Non-fiksi

Sinopsis

Buku “Filosofi Teras” karya Henry Manampiring membawa kita pada pengenalan yang luar biasa terhadap aliran filsafat kuno yang relevan hingga saat ini, yakni Stoicisme. Stoicisme, atau yang biasa disebut sebagai Filsafat Teras, berasal dari zaman Yunani-Romawi dan menawarkan pandangan praktis tentang kehidupan yang terutama relevan bagi Generasi Milenial dan Gen-Z. Buku ini mengungkap cara-cara untuk mengatasi emosi negatif, menghentikan perenungan pada hal-hal yang tidak dapat dikendalikan, meningkatkan toleransi, berempati dengan orang lain, dan menghadapi ketakutan dengan bijaksana. Terlebih lagi, buku ini tidak hanya membawa filsafat yang berat, tetapi mengemasnya dengan bahasa yang ringan dan relevan untuk membantu pembacanya menghadapi dinamika kehidupan modern.

Review

Buku ini membawa saya pada sebuah perjalanan mendalam dalam diri saya dan mengungkapkan konsep Stoicisme yang luar biasa. Sebelumnya, saya sering merujuk pada keadaan pikiran saya sebagai “wajah tenang” atau “pemikir positif,” tetapi “Filosofi Teras” telah membawa pemahaman saya pada tingkat yang baru. Dalam buku ini, saya menemukan beberapa kunci penting dalam mengatasi kehidupan sehari-hari.

Pertama-tama, buku ini mengajarkan tentang berhenti memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan. Ini adalah konsep yang sangat relevan, terutama dalam dunia yang sering kali penuh ketidakpastian. Dengan memusatkan perhatian pada hal-hal yang dapat kita kendalikan, kita dapat mengurangi stres dan kecemasan yang tidak perlu.

Selain itu, “Filosofi Teras” mengajarkan tentang mempertanyakan emosi negatif. Ini adalah langkah yang penting dalam memahami diri sendiri dan mengatasi berbagai tantangan emosional. Dengan cara ini, buku ini membantu kita menjadi lebih bijaksana dalam merespons situasi sulit.

Konsep berempati dengan orang lain juga ditekankan dalam buku ini. Kita diajak untuk melihat dari sudut pandang orang lain, yang membantu kita memahami perasaan dan perspektif mereka. Ini adalah kunci untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar kita.

Buku ini juga mengajarkan tentang meningkatkan toleransi. Dalam dunia yang semakin terhubung, kita sering kali berhadapan dengan pandangan dan nilai yang berbeda. “Filosofi Teras” mengajarkan pentingnya menerima perbedaan dan menjalin hubungan yang harmonis meskipun perbedaan tersebut.

Selain itu, buku ini menghadirkan konsep menangani ketakutan dengan bijaksana. Dengan memahami akar dari ketakutan kita, kita dapat menghadapinya dengan lebih tenang dan yakin.

Saya juga terkesan dengan pemilihan judul yang tepat untuk buku ini. Menghubungkan filsafat Stoicisme dengan “Teras” membawa kesan praktis dan mengundang pembaca dari generasi muda. Ini membantu menjadikan materi yang mungkin tampak berat menjadi lebih mudah diakses.

Selain itu, buku ini memberikan referensi ke beberapa karya klasik terkait Stoicisme, seperti “Meditations” oleh Marcus Aurelius, “Enchiridion” dan “Discourses” oleh Epictetus, “Letters to A Stoic” dan “On The Shortness of Life” oleh Seneca, “How To Be a Stoic” oleh Massimo Pigliucci, dan “A Guide to The Good Life” oleh William Irvine. Ini memberi kesempatan bagi pembaca yang ingin mendalami lebih lanjut tentang Stoicisme.

Dalam keseluruhan, “Filosofi Teras” membantu saya menemukan ketenangan, kedamaian, dan kemampuan untuk mengendalikan emosi negatif. Buku ini menyajikan konsep-konsep filosofi dengan bahasa yang mudah dipahami dan memberikan contoh-contoh kasus yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun awalnya saya ragu karena filsafat sering kali dianggap rumit, buku ini membawa saya pada pemahaman yang lebih dalam tentang Stoicisme dengan cara yang menghibur.

Saya sangat merekomendasikan buku “Filosofi Teras” kepada siapa saja yang ingin menghadapi kehidupan dengan lebih tenang, bijaksana, dan penuh makna. Baca buku “Filosofi Teras” karya Henry Manampiring dalam format ebook atau PDF secara online dan gratis hanya di FilspektiF. Dengan panduan ini, Anda akan memiliki alat berharga untuk menghadapi perubahan hidup dengan sikap mental yang kuat.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published