Fihi Ma Fihi: Mengarungi Samudera Kebijaksanaan

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Fihi Ma Fihi: Mengarungi Samudera Kebijaksanaan
Penulis: Jalaluddin Rumi
Tahun Terbit: 1 Januari 1250
Genre: Filsafat, Islam, Agama

Sinopsis

“Fihi Ma Fihi: Mengarungi Samudera Kebijaksanaan” adalah sebuah karya penting yang ditulis oleh Jalaluddin Rumi. Buku ini berisi prosa yang berfungsi sebagai jawaban dan tanggapan terhadap berbagai pertanyaan yang diajukan oleh sahabat dan murid Rumi dalam berbagai konteks dan kesempatan. Buku ini menghadirkan pemikiran mistis Rumi dalam bahasa sehari-hari dan dapat diakses oleh berbagai kalangan.

Review

“Fihi Ma Fihi” oleh Rumi adalah sebuah karya yang memukau dengan pemikiran mistis dan filosofisnya yang mendalam. Meskipun ditulis pada abad ke-13, pesan-pesan dalam buku ini tetap relevan hingga hari ini.

Salah satu hal yang paling mencolok tentang buku ini adalah gaya penulisan yang sederhana dan lugas. Rumi menggunakan bahasa sehari-hari yang dapat dimengerti oleh berbagai lapisan masyarakat. Ini membuat pemikirannya lebih mudah diakses oleh banyak orang, bukan hanya para cendekiawan.

Buku ini mencakup berbagai topik, termasuk etika, mistisisme, penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an, dan hadis-hadis mulia. Rumi menggambarkan konsep-konsep ini dengan contoh-contoh dan cerita-cerita yang sangat mengena. Dia tidak hanya menjelaskan apa yang dia maksudkan, tetapi juga memberikan komentar dan analisis mendalam tentang topik-topik tersebut.

Meskipun buku ini awalnya ditulis dalam bahasa Persia, terjemahan yang ada memungkinkan pembaca yang tidak berbicara dalam bahasa tersebut untuk menikmati kebijaksanaan Rumi. Buku ini telah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, sehingga pesan-pesannya dapat dinikmati oleh berbagai budaya dan latar belakang.

Salah satu aspek menarik dari buku ini adalah cara Rumi menyajikan pemikirannya tentang cinta kasih rohani. Dia menjelaskan bagaimana cinta kasih rohani adalah bagian integral dari ajaran Islam, dan bagaimana cinta kasih kepada Tuhan adalah inti dari agama.

Selain itu, buku ini juga memberikan wawasan tentang pandangan Rumi tentang pendidikan dan perkembangan diri. Dia menekankan pentingnya pengejaran pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang diri sendiri.

Kritik yang dapat saya berikan adalah bahwa buku ini mungkin terasa repetitif dalam beberapa bagian. Rumi sering kali menggunakan cara berulang untuk menggambarkan konsep yang sama, meskipun dengan kata-kata yang berbeda. Ini mungkin mengganggu beberapa pembaca yang mencari variasi lebih lanjut dalam bahasanya.

Namun, secara keseluruhan, “Fihi Ma Fihi: Mengarungi Samudera Kebijaksanaan” adalah sebuah karya yang luar biasa dengan pemikiran yang mendalam dan relevan. Ini adalah panduan yang baik bagi siapa saja yang ingin menjelajahi pemikiran mistis Jalaluddin Rumi. Anda dapat membaca karya ini dalam format ebook atau PDF secara online dan gratis hanya di FilspektiF.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published