Animal Farm

Judul: Animal Farm
Penulis: George Orwell
Tahun Terbit: 17 Agustus 1945
Genre: Klasik, Fiksi, Fantasi

Edisi eBook ini dapat dibaca gratis secara online, atau dibeli dalam format PDF, EPUB, dan Kindle (MOBI dan AZW3): Beli eBook Animal Farm

Sinopsis

Animal Farm mengisahkan tentang peternakan yang direbut oleh hewan-hewan yang terlalu banyak bekerja dan dianiaya. Dengan semangat idealisme dan slogan-slogan menggugah, mereka berusaha menciptakan surga kemajuan, keadilan, dan kesetaraan. Buku ini pertama kali diterbitkan saat Rusia Stalinis berada dalam sorotan dan dianggap sebagai targetnya.

Review

Animal Farm merupakan salah satu dari 100 buku untuk dibaca menurut daftar BBC. Awalnya, saya mengira buku ini akan bercerita dari sudut pandang binatang; tentang perlakuan mereka, harapan mereka terhadap perlakuan yang adil, dan kekejaman manusia terhadap mereka. Namun, saya kagum dengan bagaimana Orwell mengkritik manuver politik dan pemerintahan totaliter, menggunakan hewan untuk menggambarkan tindakan manusia. Hal ini sering terlihat dalam penggunaan istilah “Orwellian” yang terkadang disalahgunakan untuk melayani tujuan tertentu. Sebenarnya, Orwell adalah sosialis demokratik yang jelas berbicara dari atas ke bawah. Jadi, untuk mengkritik golongan tertentu dengan alasan ini, adalah tindakan yang ironis dan menyesatkan.

Animal Farm mengikuti cerita tentang Napoleon, seekor babi yang mengusir Snowball (yang mewakili Leon Trotsky) dari peternakan dengan bantuan anjing-anjing pribadinya (analogi dengan Stalin merekrut orang-orang yang setia kepadanya untuk mengalahkan Trotsky dan menduduki posisi kepemimpinan). Babi-babi tersebut kemudian mengambil alih kendali dan terus mengubah aturan-aturan peternakan sesuai keinginan mereka sendiri. Salah satu babi bernama Squealer digunakan untuk meyakinkan hewan-hewan lainnya.

Buku ini memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana masyarakat dan sistem hierarki bekerja, dan bagaimana orang seringkali membabi buta mengikuti orang lain tanpa memikirkan konsekuensinya. Animal Farm adalah peringatan atas bahaya sistem totaliter dan bagaimana kekuasaan dapat disalahgunakan.

Orwell secara cerdas menggunakan alegori hewan untuk menggambarkan isu politik dan sosial yang berlaku pada zamannya. Dalam sejarahnya, buku ini dianggap ditulis sebagai bentuk perlawanan terhadap Rusia Stalinis, namun pesan dan kritiknya tetap relevan hingga hari ini. Animal Farm mengajarkan kita untuk selalu waspada terhadap pemerintahan otoriter dan menghargai pentingnya pemikiran kritis dan suara individu dalam masyarakat. Kesadaran akan sejarah politik membantu kita memahami bahaya dari kekuasaan yang disalahgunakan, terlepas dari ideologi politik tertentu.

Kritik buku ini berfokus pada perbandingan antara sistem-sistem politik yang telah ada di dunia. Namun, saat melihat realitas politik masa kini, pesan dan pandangan politik Orwell tetap relevan dan mengingatkan kita tentang potensi bahaya yang dapat mengancam kebebasan dan kesetaraan dalam masyarakat. Animal Farm adalah karya yang luar biasa dan menjadi pengingat tentang pentingnya tetap kritis terhadap sistem politik yang ada di sekitar kita. Jika Anda tertarik untuk membaca eBook “Animal Farm” dalam format PDF, EPUB, dan Kindle (MOBI dan AZW3) secara online dan gratis, kunjungi FilspektiF. Film adaptasinya juga tersedia untuk ditonton di sini.

FilspektiF adalah proyek pribadi yang dijalankan sepenuhnya sendiri, mulai dari penataan hingga pengaturan format eBook. Dukungan dari pembaca seperti Anda sangat berarti bagi kelangsungan situs kecil ini. Dengan dukungan Anda, situs ini dapat terus menghasilkan eBook-eBook berkualitas.

Anda dapat membeli eBook-eBook berkualitas dari FilspektiF di sini: 

Beli E-Book

Versi eBook dibuat dan diterbitkan dengan penuh dedikasi oleh FilspektiF untuk Anda. Cocok digunakan pada berbagai jenis E-Reader, termasuk Kindle.

Detail eBook:

  • Format tersedia dalam satu folder berisi AZW3, EPUB, MOBI, dan PDF.
  • Bahasa: Bahasa Indonesia.

Dengan membeli eBook yang diterbitkan FilspektiF, Anda tidak hanya mendukung kelangsungan situs filspektif.id, tetapi juga mendapatkan akses ke karya-karya dalam berbagai format yang nyaman bagi Anda. Terima kasih atas dukungan Anda!

Salam hangat,

FilspektiF

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published