Akulah Angin Engkaulah Api: Hidup dan Karya Jalaluddin Rumi

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Judul: Akulah Angin Engkaulah Api: Hidup dan Karya Jalaluddin Rumi
Penulis: Annemarie Schimmel
Tahun Terbit: 1 Januari 1992
Genre: Puisi, Islam, Agama

Sinopsis

Bagaimana kita dapat mendekati sosok dan karya-karya Jalaluddin Rumi? Mengapa pemikir sebesar Allama Iqbal sangat terpikat oleh pemikiran Rumi? Dalam buku ini, Annemarie Schimmel, seorang pengagum dan peneliti Rumi, mengupas pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui analisis cermat dan cerdas.

Review

Buku ini adalah panduan yang sangat berharga untuk memahami Jalaluddin Rumi dan warisan puisi dan pemikirannya. Saya ingin mencatat bahwa saya membaca terjemahan bukunya, yang memiliki referensi yang lebih otentik dan catatan kaki yang lebih lengkap, dan saya merekomendasikan untuk membaca terjemahan buku ini oleh Dr. Faridun Badrei.

Buku ini membuka pintu ke dalam pemikiran dan kehidupan Rumi, dan memberikan wawasan yang dalam tentang aspek-aspek berbeda dari karyanya. Ini adalah bacaan yang sangat cocok untuk mereka yang tertarik dalam tasawuf dan ingin memahami Rumi dengan lebih baik.

Salah satu aspek menarik yang dibahas dalam buku ini adalah hubungan antara Rumi dan Allama Iqbal. Ini adalah elemen yang menarik karena Iqbal adalah seorang pemikir besar dalam tradisi pemikiran Islam, dan mengetahui bahwa dia sangat terpengaruh oleh pemikiran Rumi memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pengaruh Rumi pada pemikiran Islam modern.

Buku ini juga membahas bagaimana para pencari Tuhan dalam praktik sufi menggunakan “nazar” untuk melihat kehadiran Tuhan dalam diri orang lain. Ini adalah konsep menarik yang memperkuat ide bahwa cinta kasih rohani adalah bagian penting dari ajaran Islam.

Schimmel membawa pemahaman yang mendalam tentang Rumi dan pemikirannya ke dalam buku ini, dan membantu pembaca untuk menjelajahi makna dan pesan yang terkandung dalam karyanya. Dia merinci alasan Rumi menuangkan pemikirannya dalam bentuk puisi dan bagaimana puisi-puisinya mengandung makna yang dalam dan simbol-simbol yang penting dalam tradisi sufi.

Namun, buku ini mungkin tidak sesuai untuk semua orang. Beberapa bagian dapat terasa sedikit preskriptif, kering, atau berulang. Meskipun begitu, buku ini tetap layak dibaca, terutama sebagai pengantar bagi mereka yang ingin memahami Rumi dan pemikirannya secara lebih mendalam.

Dalam keseluruhan, “Akulah Angin Engkaulah Api: Hidup dan Karya Jalaluddin Rumi” oleh Annemarie Schimmel adalah bacaan yang sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin memahami warisan pemikiran dan puisi Rumi, serta dampaknya pada pemikiran Islam modern. Anda dapat membaca buku ini dalam format ebook atau PDF secara online dan gratis hanya di FilspektiF.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published