5 cm

Judul: 5 cm
Penulis: Donny Dhirgantoro
Tahun Terbit: 1 Januari 2005
Genre: Novel, Fiksi

Sinopsis

Dalam novel “5 cm,” kita akan mengikuti perjalanan lima teman yang telah berteman selama tujuh tahun: Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Mereka memutuskan untuk tidak berkomunikasi dan bertemu selama tiga bulan. Selama masa itu, banyak peristiwa berpengaruh terjadi, membuat hati mereka menjadi lebih kaya. Setelah tiga bulan berpisah, mereka merayakan pertemuan mereka dengan perjalanan yang penuh keyakinan, impian, cita-cita, dan cinta. Perjalanan ini mengubah mereka menjadi manusia sungguhan, bukan sekadar individu yang hidup tanpa tujuan.

Review

Perlu diingat bahwa jangan menilai buku dari sampulnya, seperti halnya film India yang bisa menampilkan tarian dan nyanyian. Buku ini menawarkan lebih dari sekadar penyelesaian masalah, mereka mengekspresikan perasaan mereka melalui tarian dan nyanyian. Saya ingin menekankan bahwa tidak ada yang salah dengan menonton film India.

Awal buku ini memperkenalkan tema persahabatan yang mengharukan, dengan kata-kata yang memukau. Namun, seiring berjalannya cerita, buku ini membawa pembaca dalam perjuangan dan pengorbanan, dan pada akhirnya, membahas tema mimpi dan cinta.

Salah satu pesan yang paling mencolok adalah tentang pentingnya memiliki keyakinan dalam meraih mimpi. Penulis dengan indahnya menggambarkan bahwa kita perlu memiliki tekad yang kuat untuk menggapai impian kita. Ini bukan hanya tentang bermimpi, tetapi juga tentang bertindak untuk mewujudkannya.

Setelah membaca buku ini, kita akan menyadari bahwa yang kita butuhkan hanyalah tekad yang kuat dan kerja keras untuk mencapai impian. Buku ini memotivasi kita untuk selalu menjaga impian kita tetap hidup, karena itulah yang akan membuat kita bertahan di tengah tantangan.

Selain tema tentang impian, buku ini juga memuat pesan nasionalisme yang kuat. Ini adalah pengingat bahwa kita sebagai warga negara harus memiliki rasa cinta dan kebanggaan terhadap tanah air kita sendiri.

Namun, buku ini memiliki kekurangan, yaitu dalam hal penggunaan kutipan dari orang-orang terkenal yang berlebihan dan pengulangan lirik lagu yang terlalu sering. Ini bisa membuat pembaca merasa bosan.

Secara keseluruhan, “5 cm” adalah novel yang menggugah dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang persahabatan, impian, dan semangat nasionalisme. Buku ini mengingatkan kita untuk selalu menjaga impian kita tetap hidup dan memiliki keyakinan untuk menggapainya. Anda dapat membaca eBook “5 cm” karya Donny Dhirgantoro dalam format EPUB atau PDF secara online dan gratis hanya di FilspektiF.

Leave a comment

Name *
Add a display name
Email *
Your email address will not be published